Visi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kendal periode Tahun 2016 – 2021 adalah :

Terwujudnya Kemajuan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Kendal yang Merata Berkeadilan Didukung oleh Kinerja Aparatur Pemerintah yang Amanah dan Profesional serta Berakhlak Mulia Berlandaskan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT. (Aparatur Amanah Masyarakat Maju Sejahtera)

Dalam mewujudkan pencapaian visi tersebut, maka misi yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, efektif - efisien, bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme/KKN.
  2. Menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, unggul, serta berakhlak mulia
  3. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, pengendalian penduduk, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, penanganan bencana, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), serta penanggulangan kemiskinan
  4. Meningkatkan partisipasi dan keberdayaan pemuda dalam pembangunan daerah berlandaskan nasionalisme
  5. Mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan berbasis sumberdaya lokal
  6. Memperkuat ketahanan pangan, mengembangkan potensi pertanian, perikanan, dan sumberdaya alam lainnya
  7. Mengembangkan potensi wisata dan melestarikan seni budaya lokal serta meningkatkan toleransi antar umat beragama
  8. Meningkatkan kualitas serta kuantitas infrastruktur dasar dan penunjang baik di perdesaan maupun perkotaan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup
  9. Meningkatkan iklim investasi yang kondusif, dan menciptakan lapangan kerja

Ditinjau dari misi Kepala Daerah dan Wakil kepala Daerah Kabupaten Kendal, maka misi yang memiliki keterkaitan langsung dengan tugas dan fungsi Kecamatan adalah misi pertama yaitu Menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, efektif - efisien, bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, Tata Kelola Kepemerintahan yang Baik.

          Misi pertama bermakna bahwa tata kelola kepemerintahan dalam mewujudkan Visi Pembangunan Kabupaten Kendal tahun 2016-2021 dilakukan melalui fungsi pengaturan, pelayanan, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan serta menempatkan aparatur sebagai pamong praja yang menjunjung tinggi integritas terhadap amanah, tugas dan tanggung jawab berdasarkan sepuluh prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), yaitu: partisipasi masyarakat; tegaknya supremasi hukum; transparansi; kesetaraan; daya tanggap; wawasan, akuntabilitas, pengawasan, Efisiensi dan efektivitas, dan Profesionalisme.